Perbedaan Turbo C, Turbo C++, Borland C++, Borland C++ Builder

Beberapa orang yang ingin belajar bahasa C++ terkadang bingung dengan banyaknya editor dan compiler yang ada di masyarakat. Berikut sedikit pengetahuan perbedaan editor dan compilernya.

Turbo C untuk membuat program berbahasa C sedangkan Turbo C++ untuk membuat program bahasa C++, Kedua-duanya buatan Borland.

Turbo C++ 1.0 dirilis Februari 1991 jalan di lingkungan DOS.

Turbo C++ 3.0 dirilis November 1991 jalan di lingkungan DOS yang kemudian diupdate untuk mendukung pembuatan program aplikasi untuk Ms-Windows (Turbo C++ 3.1).

Borland merilis juga Borland C++ untuk segment yang berbeda seiring dirilisnya Turbo C++ 1.0. Turbo C++ ditargetkan untuk para pemula dan hobbyist, sedangkan Borland C++ ditargetkan untuk para professional sehingga memiliki lebih banyak fitur, tool, dan kemudahan pembuatan program aplikasi. Dari sisi bahasa, Turbo C++ dengan Borland C++ masih sama.

Turbo C++ 4.0 dirilis November 1993 jalan dilingkungan Ms-Windows yang mendukung pembuatan dan pemakaian template lebih lanjut. Lalu dilanjutkan dengan Turbo C++ 4.5

Borland C++ dilanjutkan sampai Borland C++ 5.02 (1997) yang kemudian diganti dengan Borland C++ Builder yang dikembangkan sampai saat ini menjadi CodeGear C++ Builder 2009 (Dirilis Agustus 2008).

Sedangkan Turbo C++ “dihidupkan” lagi tahun 2007 yang dinamai CodeGear Turbo C++ Explorer (gratis) dan CodeGear Turbo C++ Professional (bayar) yang dibuat berbasiskan Borland C++ Builder 2006. CodeGear adalah anak perusahaan Borland.

Kemudian pada tahun 2008 CodeGear di akuisisi oleh Embarcadero dan terus mengembangkan C++ Builder. Versi yang dirilis C++ Builder 2009, 2010, XE, dan XE2 (2011).

Dengan demikian evolusi Turbo C++ adalah : Turbo C++ –> Borland C++ –> Borland C++ Builder –> CodeGear C++ Builder –> Embarcadero C++ Builder.

Bahasa C++ distandarisasi secara internasional oleh ISO/ANSI tahun 1998. Dengan demikian Turbo C++ 1.0 sampai Borland C++ 5.02 belum mengacu pada perintah-perintah ISO/ANSI C++.

Untuk membuat program C++ yang mengacu pada ISO/ANSI C++, dapat menggunakan MinGW C++ (ukuran file 6 Mb) atau Dev-C++ (ukuran file 6 MB) atau Turbo C++ Explorer (ukuran file 320Mb) atau Ms Visual C++ 2008/2010 Express Edition yang dapat di-download secara gratis dari internet.

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s